Apresiasi Teater

Apresiasi Teater

teaterTeater merupakan salah satu cabang seni dari keanekaragaman seni di Indonesia yang senantiasa perlu  mendapatkan apresiasi dalam keberadaannya. Teater atau seni pertunjukan ini berkembang di Indonesia dengan berbagai macam jenisnya seperti; teater tradisonal, teater modern dan teater kontemporer.

Teater tradisional di Indonesia hampir semua daerah memilikinya dan beberapa diantaranya yaitu teater rakyat contohnya; Ketoprak dari Jawa Tengah, Ludruk dari Jawa Timur, Tarling dari Cirebon, Lenong dari Jakarta, Barong dari Bali, Makhyong dari Riau, Randai dari Sumatera Barat dan lain sebagainya. Selanjutnya yaitu teater klasik yang sifatnya mapan, teratur dan ada cerita yang jelas karena teater klasik berkembang dari kerajaan tempo dulu contohnya wayang orang, wayang kulit dan wayang golek. Selain itu ada pula yang kita sebut dengan teater transisi, teater ini sudah mengalami pengaruh dari teater barat contohnya komedi Istambul, sandiwara Dardanela dan sandiwara Srimulat.

Adapun teater modern, teater ini hampir semua dipengaruhi oleh teater barat, penataan panggung, dekorasi, tata lampu hingga tata busana mendapat pengaruh besar dari Barat contoh naskah-naskah yang pernah ditampilkan yaitu: Ken Arok karya Muhammad Yamin, Manusia Barat karya Sanoesi Pane, Lukisan Masa karya Arym Pane, Tuan Amin karya Amal Hamzah dan lain sebagainya.

Selanjutnya teater kontemporer adalah teater yang bersifat kekinian yang sudah jauh meninggalkan teater tradisional contohnya; monolog yang dimainkan oleh seorang pemain, Drama Absurd yang memiliki ciri penokohan, alur, nama pelaku dan watak tidak dihiraukan oleh pengarang drama absur salah satu pengarang drama absur yaitu Iwan Simatupang, Drama Minikata adalah drama yang dimainkan dengan menggunakan kata yang sangat minim.

Untuk lebih jauh memahami hal-hal mengenai teater baik bersifat praksis, teknis maupun perkembangannya download materi di bawah ini :

download-materi-teater-bag-1

download-materi-teater-bag-2

download-materi-teater-bag-3

download-materi-teater-bag-4

download-materi-teater-bag-5

download-materi-teater-bag-6

sutradara-dalam-kerja-teater

About the Author

has written 44 stories on this site.

4 comments on “Apresiasi Teater”

  • yuan olando wrote on 21 February, 2011, 15:58

    blog’a bagus,dan ada jaipongan’a,

  • yuan olando x E 3 wrote on 21 February, 2011, 16:04

    web’a bagus

  • neno wrote on 17 March, 2011, 14:17

    lengkap nih….infonya…….bagus untuk media pembelajaran…………

  • chori wrote on 12 January, 2012, 11:11

    bagus bangett

Tulis Komentar

Copyright © 2014 Persada Etnika Bogor. All rights reserved.