Sanggar Seni Bagaskara Kota Bogor

Sanggar Seni Bagaskara Kota Bogor

topengEksistensi Seni Budaya di Indonesia, Khususnya di Jawa Barat Mempunyai potensi yang sangat besar untuk diperkenalkan kepada wisatawan dalam menunjang pembangunan kepariwisataan nasional. Hal ini sesuai dengan GBHN tahun 1993 yang merupakan kelanjutan dan peningkatan dari GBHN tahun 1998, yakni memperkenalkan alam, nilai dan budaya daerah.

Strategi khusus yang harus dilakukan pemerintah terealisir melalui sub sektor pariwisata yang menyatakan bahwa kesenian daerah merupakan salah satu obyek pariwisata yang harus terus dipelihara hingga menjadi potensi yang kuat dalam bidang ekonomi dan dapat mencerminkan identitas bangsa yang berbudaya. Dalam era globalisasi ini, kita mempunyai peluang, karena pada dasarnya manusia mendambakan sesuatu yang lain yang khas dan untuk hal ini, Indonesia mempunyainya.

Terlebih khususnya di kota Bogor memiliki wadah dalam apresiasi seni dan budaya yaitu melalui “SANGAR SENI BAGASKARA”. Sanggar Seni Bagaskara berdiri tahun 2009, SK BPPT Kota Bogor, nomor 556.11.457 44 -BPPT, senantiasa merasa bertanggung jawab untuk mendukung program pemerintah dalam bentuk kemasan-kemasan pertunjukan tradisional sebagai sebuah tontonan yang menarik,bermutu dan atraktif.

PROGRAM SANGGAR SENI BAGASKARA

Tujuan keberadaan Sanggar Bagaskara direalisasikan melalui Tri Program Sanggar. Tri Program Sanggar ini dirintis guna pelestarian dan pengembanagn kesenian dan kebudayaan Sunda. Program pertama Sanggar Seni Bagaskara adalah menyelenggarakan kursus pendidikan seni budaya Sunda untuk tingkat Taman Kanak-kanak (TK) sampai Perguruan Tinggi juga masyarakat umum, melalui kerjasama dengan pihak dan instansi terkait. Adapun materi kesenian yang diajarkan adalah:

1.   SENI TARI, dengan rincian materi :

11 ·    Tari Klasik, yaitu tarian yang berasal dari kalangan ningrat tatar Jawa Barat yang memiliki nilai artistik tinggi, Contohnya Tari Tayub, Tari Gatot Kaca, Tari Topeng dan sebagainya.
·    Tari Kreasi, yaitu tarian yang merupakan perubahan dan pengembanagn dari Tari Klasik, hasil dari stilasi dan distorsi gerak sehingga tercipta bentuk-bentuk gerak baru. Contohnya Tari Merak, Tari Kandagan, Tari Tani dan sebagainya.
·    Tari Pergaulan Rakyat, yaitu tarian yang lahir dari kalangan rakyat dan merupakan tari pergaulan. Contohnya Ketuk Tilu, Bajidoran, Doger Kontrak, Gondang dan sebagainya.
·    Tari Jaipongan,yaitu tarian yang lahir dari akar Tari Rakyat. Contohnya Jaipong Jali-Jali, Jaipong Bali, Tablo, dan sebagainya.

2. SENI KARAWITAN, dengan rincian materi :

9·    Kecapi Suling, yaitu musik tradisional Sunda yang menggunakan •waditra atau alat musik kecapi dan suling.
·    Gamelan  Degung,  yaitu musik   tradisional   Sunda   dengan menggunakan waditra gamelan degung.
·    Gamelan  salendro,    yaitu musik tradisional  Sunda dengan menggunakan waditra gamelan salendro.
·    Celempungan,   yaitu    musik     tradisional     Sunda     dengan menggunakan waditra Kecapi, Rebab, Kendang dan Gong yang mengiringi juru kawih atau Penyanyi.

3. SENI KAWIH, dengan rincian materi sebagai berikut:
10·    Kawih   Kecapi   Suling,   yaitu    kawih    atau   lagu   Sunda yang mengirirngi atau diiringi waditra kecapi suling.
·    Kawih Degung, yaitu kawih atau lagu Sunda  yang  mengiringi atau yang diiiringi waditra degung.
·    Kawih Salendro, yaitu kawih atau lagu sunda  yang mengiringi atau diiringi waditra salendro.
·    Drama Tari Atau Sendra Tari, yaitu drama yang menggunakan media ungkap seni tari, membawakan cerita Ramayana dan Mahabarata.
·    Rampak Gendang, yaitu tabuh gendang yang ditabuh oleh para penari dengan menggunakan gerak tari dan diiringi oleh musik gamelan.
·    Upacara Adat Mapag Panganten/ Prosesi Seni, yaitu sebuah acara Penyambutan untuk para Tamu atau Pengantin.

PENGURUS

Sanggar Seni Bagaskara ditunjang oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal dan tanguh serta memiliki kemampuan, dedikasi dan idealisme yang tinggi sebagai seniman yang berpengalaman dan professional, yang terdiri dari para seniman alam yang berkualitas, lulusan dari Akademi Seni Tari Indonesia (ASTI), Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Bandung dan didukung tenaga manajemen yang ahli dan berpengalaman.

Daftar harga paket private

Daftar harga paket kesenian

Informasi lebih lanjut hubungi : 08522 151 4066 (Dudi)

About the Author

has written 44 stories on this site.

2 comments on “Sanggar Seni Bagaskara Kota Bogor”

  • intan khaerani wrote on 16 May, 2012, 20:14

    ini alamatnya di mana ya??

  • dudi wrote on 2 July, 2012, 19:53

    Untuk alamat sanggar bagaskara bisa langsung datang ke PGB lantai 2

Tulis Komentar

Copyright © 2014 Persada Etnika Bogor. All rights reserved.