Belajar Bareng Anak Jalanan

Belajar Bareng Anak Jalanan


anjal1Pemberdayaan seni dan budaya kepada masyarakat adalah komitmen Komunitas Persada Etnika (Pernik). Dari mulai berdiri hingga saat ini Pernik memiliki program besar yaitu membina Desa Seni dan Pendidikan Layanan Khusus kepada anak jalanan. Alasan atau tujuan pendidikan anak jalanan (Anjal) ini adalah memberikan pengetahuan seni baik secara teori maupun praktek pun pengetahuan akademis seperti Sains, Bahasa Inggris, Calistung (Membaca, menulis dan berhitung) sehingga Anjal tersebut layak mendapat ruang di masyarakat.

anjal2Anjal dianggap sebagai kaum minoritas yang senantiasa termarginalkan, bukan alasan niat mereka hidup di jalan tapi latar belakang ekonomi yang kurang dan keberadan keluarga yang carut marut menghantar mereka pergi dan mengamen di jalan. Mengamen di jalan tentu bukan hal yang positif dengan kata lain mengamen merupakan penyakit sosial yang harus kita obati bersama. Mencari kebutuhan hidup ala jalanan tentunya penuh resiko bukan lagi keselamatan diri yang terancam tapi kriminalitas disinyalir akan muncul kepermukaan.

anjal3Anak jalanan yang Pernik bina ada dua tipe yang pertama yaitu Children on  the Street artinya anak-anak yang hidup di jalan tapi masih punya keluarga atau pulang ke rumah yang kedua Children of the Street artinya anak-anak yang kesehariannya tinggal di jalan dan tidak memiliki hubungan dengan keluarga, Keseluruhan Pernik memiliki peserta didik berjumlah 27 orang anak jalanan,  yang pulang ke rumah 11 orang dan yang mengabiskan seluruh waktunya di jalan 16 orang. Kemudian yang putus sekolah 20 orang dan yang masih bersekolah 8 orang. Bagi mereka yang belum dapat kesempatan bersekolah atau putus sekanjal4olah Pernik bekerjasama dengan beberapa sekolah untuk dapat memberikan beasiswa terhadap mereka.

Belajar bareng adalah sebutan kegiatan kami bersama Anjal, disela waktu para pengurus atau pengajar Pernik menepi sejenak di pinggir jalan atau di sekretariat melatih mereka berkesenian, belajar membaca, menulis, berhitung dan pengetahuan umum lainnya. Belajar bareng ini dilakukan dua kali dalam seminggu materi yang diberikan secara tematis tentunya dalam pendekatan seni budaya dan di hantarkan dengan gaya home schooling atau belajar yang menyenangkan.

Anjal adalah manusia yang punya hak bertempat tinggal di Negara ini dan memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Pernik adalah fasilitator untuk mereka yang dengan tegas menyatakan bangsa ini adalah bangsa yang besar yang dapat menghargai sesamanya. Dengan berkesenian bersama generasi yang hampir tereliminasi ini kiranya dapat menyatukan kembali bangunan bangsa yang runtuh menjadi bangunan yang utuh yang berfondasi seni dan budaya. (Dudi)

About the Author

has written 35 stories on this site.

65 comments on “Belajar Bareng Anak Jalanan”

  • FadLih Eka Permana/2H/ wrote on 14 April, 2010, 10:57

    saya sangat salut sekali pada kegiatan pernik ini, karena anak jalanan banyak sekali yang memiliki potensi, baik itu dalam hal pendidikannya dan sebagian besar yang mereka miliki adalah potensi dalam bidang kesenian. seperti yang telah diulas di pembahasan di atas, saya setuju sekali dengan pembimbingan anak dengan gaya Home schooling sehingga anak bisa masuk sekolah dan mendapatkan beasiswa untuk sekolah. itulah yang sebenarnya dibutuhkan oleh anak jalanan, tetapi pembimbingan education itu tidak boleh lepas dari pembinaan potensi seni mereka. dan yang saya harapkan, pernik ini banyak membuka cabang sehingga banyak anak jalanan yang terrekrut dalam kegiatan ini dan mengurangi berkeliarnya anak jalanan di bawah kebodohan. Terimakasih……

  • Filman Arbain /2H/ wrote on 15 April, 2010, 22:05

    brutal, urakan, kumel, kucel itu yang kita pandang tentang anak jalanan. Penampilan serta sifat mereka ini butuh sekali perhatian yang mana forum ini sangat bagus karena kami dapat memberikan masukan tentang anak jalanan!. Sebagai manusia yang ingin dihargai, dihormati, bahkan mereka ingin dipuji selayaknya manusia yang kedudukannya sama dihadapan Allah SWT . Pendekatan serta pembelajaran yang diberikan sebaiknya jangan angin-anginan untuk para pejuang sosial tanpa pamrih ini ( ho ho ho )dan juga pemikiran didalam memberikan solusi harus kritis. wujudkan mimpi mereka serta bangun Bangsa Indonesa dari budaya malas…. “Merdeka”

  • Rifqinas Badrudin prodi (PGSD) kelas (H)Semestr (2) UNIVERSITAS PAKUAN BOGOR wrote on 16 April, 2010, 19:24

    assalamualaikum wr.wb.
    Menurut pendapat saya setelah membaca paparan diatas saya sangat setuju dengan kegiatan pernik dan kegiatan ini sangat bermanfaat,baik itu untuk masyarakat umum khususnya untuk anak-anak yang hidup di jalan.dan saya yakin bahwa anak-anak yang hidupnya di jalan memiliki potensi masing-masing sehingga dengan adanya kegiatan pernik dapat membantu untuk mengembangkan potensi anak-anak itu selain itu,apabila anak-anak jalanan diberikan keterampilan khusus baik itu dalam bidang kesenian,olahraga maupun keterampilan yang bermanfaat lainnya,anak jalanan akan mampu untuk hidup mandiri dan memiliki bekal untuk masa depannya dengan syarat harus terus diawasi dan di bimbing.

  • Annisa Suciani/2D/(PGSD) wrote on 17 April, 2010, 10:04

    assalamu,alaikum wr.wb
    Saya sangat terharu dan setuju dengan adanya pernik, anak jalanan merupakan sesosok manusia yang patut di perdayakan apalagi terhadap pendidikan karena mereka juga merupakan penerus bangsa, yang bisa lebih luar biasa. Sering saya melihat anak jalanan yang masih berusia SD terbiasa untuk meminta-minta, mengamen dan lain sebagaianya hingga mereka tidak melanjutkan sekolah, itu karena mereka terdidik ke arah yang negatif akibat dari faktor ekonomi, namun semoga pernik ini lebih maju dan mampu mengembangkan cabang-cabang nya lagi hingga tidak terjadi adanya anak jalanan, Takan terjadi terbentuknya anak jalanan jika adanya pengarah, pemerdaya, dan pendidik yang mampu membawanya ke arah yang lebih positif. SEMOGA LEBIH MAJU DAN BERKEMBANG..

  • Rizky amalia/2H/PGSD wrote on 17 April, 2010, 11:37

    Assalamualaikum…..
    Allah menciptakan manusia dengan kelebihan dan bakat yang berbeda-beda. begitupun dengan anak jalanan yang identik dengan kumuh, kotor atau dipandang sebelah mata oleh orang-orang yang merasa diri mereka itu mulia daripada anak jalanan. padahal dimata Allah semua manusia itu sama. atau mungkin anak jalanan itu lebih hebat daripada “orang-orang mulia”.dan karena itulah saya sangat mendukung sekali kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh pernik, terutama kegiatan-kegiatan yang mengasah potensi-potensi dan keterampilan yang dimiliki oleh anak jalanan tersebut. Saran saya agar pernik bisa lebih mengembangkan kegiatannya dan mengajak masyarakat sekitar untuk lebih peduli kepada anak jalanan dengan membentuk komunitas yang lebih besar dan membuka cabang-cabang baru agar dapat memaksimalkan potensi-potensi yang dimiliki anak jalanan, karena tidak sedikit dari mereka yang memiliki bakat yang “ajaib”. Dan seperti kita tahu mereka butuh perlindungan, tempat, dan bimbingan dari kita yang lebih mampu dari segi materil karena hal tersebut sangat membantu mereka untuk menghadapi kehidupan mereka di masa depan.
    Terima kasih, Wassalamualaikum.

  • Hermini Fauzi wrote on 17 April, 2010, 18:40

    Salut banget buat Pernik, buat Pak Jamal “Gentayangan” ( hihihi ) terus berkarya dan berjuang untuk Anjal. Saya baru tahu ternyata di bidang seni ada yang begitu perduli dengan anak-anak jalanan,yang selama ini kita anggap sebagai “sampah masyarakat”. Semoga sukses Pak di Pontianak.

  • Siti Fatimah FKIP PGSD H SMESTER 2 UNIVERSITAS PAKUAN wrote on 17 April, 2010, 21:28

    Assalamualaikum Wr Wb..
    Saya perlu memberikan apresiasi yang sangattinggi terhadfap upaya yang telah dilakukan oleh komunitas persada etnika.
    Pendidikan bagi anak jalan merupakan salah satu prioritas dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan anak jalanan. Seperti kita semua tahu, dengan pendidikan informal semacam itu diharapkan ada peningkatan knowledge, attitude, dan psikomotor anak jalanan, sehingga kemampuan mereka tidak terlalu ketinggalan dengan anak yang mampu bersekolah secara formal. Ini dapat menjadi bekal mereka kelak untuk menyongsong masa depan yang lebih baik.
    Tetapi, kata kunci pemberdayaan seharusnya juga ditujukan pada pemberdayaan ekonomi kepada keluarga anjal secara simultan (bagi yang memiliki keluarga) dan pengasuh anjal (bagi yang memiliki pengasuh), sehingga faktor ekonomi yang melatarbelakangi mereka kembali ke jalanan dapat dieliminir, atau paling tidak dapat dikurangi.
    oleh karena itu di perlukan peran dan kerja sama pihak lain (spake holder ) seperti pemerintah dalam hal ini kementrian sosial atau dinas sosial di tingkat pemerintah daerah, peran swasta atau perusahaan dan lembaga swadaya masyarakat yang lain yang terkait untuk bersama-sama memecahkan permasalahan ini.Keberadaan upaya semacam ini perlu dikembangkan di seluruh wilayah nusantara terutama di kota-kota besar.

  • Rafika Darnayanti FKIP PGSD D semester 2 wrote on 19 April, 2010, 8:37

    saya sangat salut sekali dengan kegiatan Pernik ini karena zaman sekarang ini banyak orang yang lebih mementingkan dirinya sendiri atau bahkan golongannya sendiri Namun dengan didirikannya Pernik ini sungguh sangat membantu generasi muda bangsa ini karena bagaimanapun juga sekalipun mereka anak jalanan tetapi mereka memiliki banyak potensi dan dapat membantu SDM kedepannya nanti. Dan saya berharap semoga pernik ini membuat cabang diseluruh Indonesia agar anak-anak yang putus sekolah dapat terus mengembangkan potensi yang mereka miliki.
    BANGKIT ANJAL,, terimakasih..

  • Mia Nurrany (FKIP UNPAK PGSD/D smstr II) wrote on 19 April, 2010, 9:17

    Assalamuaialaikum wr.wb
    Mungkin kebanyakan orang melihat dan menilai anak jalanan itu sebagai sampah masyarakat. padahal tidak semua anak jalanan hanyalah orang2 yang tidak bertanggung jawab dan jahat .
    mereka adalah orang2 yang butuh dunia sendiri untuk menyalurkan bakat dan minat mereka, dengan adanya pernik ini saya ikut mendundukung juga bangga, karena kini mereka bukan hanya mendapat dunia yang mereka inginkan tetapi juga mereka dibekali beberapa keterampilan serta di bina oleh para pengurus pernik yang dengan sabar membimbing mereka untuk menjadi manusia yang lebih baik .
    saya sangat mendukung dengan di selenggarakannya pernik ini, jika kita tidak mendukung apa jadinya bangsa ini, karena semua diawali dengan niat dan dukungan antar sesama .

    terus berjaya pak kami selalu mendukung niat baik mu n_n

  • Nurul Aeni ( Univ.Pakuan Bogor FKIP PGSD D smt.2) wrote on 19 April, 2010, 10:17

    Saya setuju dan menyukai komitmen komunitas persada etnika, terutama pada pendidikan layanan khusus anak jalanan. Pendidikan bagi anjal memang harus diperhatikan, karena apabila tidak ada yang memperhatikan mereka apa jadinya bangsa yang kita cintai ini. Anak jalanan yang oleh sebagian besar masyarakat dipandang sebelah mata atau terkadang sering dikenal sebagai sampah masyarakat, itu bukanlah pernyataan yang benar. Seharusnya masyarakat lebih memberikan perhatiannya dan solusi bagaimana mengatasi penyakit soaial ini. Faktor ekonomi dan kurangnya perhatian keluarga mengantarkan mereka hidup dijalanan. Sehingga mereka tidak peduli terhadap pendidikannya. Hasil wawancara saya dengan anjal adalah mereka menjadi anjal bukanlah kemauan mereka akan tetapi mereka terpaksa melakukannya karena mereka tedorong untuk membantu meringankan beban keluarganya. Untuk mengatasi masalah ini diperlukan adanya kerja sama antara pemerintah dan pihak-pihak yang terkait. Pendidikan informal akan sangat membantu mereka dalam menghadapi masalah yang mereka hadapi. Pembinaan dan pendekatan yang menyenangkan haruslah menjadi perhatian. Pendidikan akan seni pun akan menjadi warna terhadap kegiatan ini. Sehingga potensi dan bakat yang dimiliki oleh anjal dapat dikembangkan.
    untuk anjal saya salut dengan kalian karena walaupun banyak orang yang menganggap kalian selalu menjurus pada hal-hal yang negatif, tetapi solidritas yang tinggi terhadap orang-orang disekeliling kalian saya suka. ” wujudkan cita-cita kalian dan tetap semangat”
    dan untuk para pejuang di pernik, jalankan terus kegiatan ini, ikhlas dan slalu mendapatkan keridhoan-Nya…..

  • ade kurniasih pgsd/D wrote on 19 April, 2010, 10:33

    Assalamualaikum Wr.Wb…
    saya sangat salut dengan kegiatan yang dilakukan oleh komunitas persada etnika,, karna kegiatan ini sangat menolong sekali untuk anak-anak jalanan yang ingin mewujudkan impiannya yang terpendam,, dan bagus untuk mengembangkan keaktifan dan dapat mengembangkan pola pikir mereka yang lebih lagi. Jika kita dapat menggali potensi, bakat, kreativitas serta nilai-nilai unggul yang dimiliki anak-anak jalanan, maka akan tercipta insan yang kreatif dan kita jadi sadar bahwa setiap individu memiliki potensi, bakat, serta keunikan tersendiri dan berpotensi untuk sukses dalam hidup.
    Ingat anak jalanan juga manusia dah seharusnya kita yang mampu berkewajiban untuk menolong mereka yang lemah..
    Dari Abu Hurairah radhiallahuanhu, dari Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda : Siapa yang menyelesaikan kesulitan seorang mu’min dari berbagai kesulitan-kesulitan dunia, niscaya Allah akan memudahkan kesulitan-kesulitannya hari kiamat. Dan siapa yang memudahkan orang yang sedang kesulitan niscaya akan Allah mudahkan baginya di dunia dan akhirat dan siapa yang menutupi (aib) seorang muslim Allah akan tutupkan aibnya di dunia dan akhirat. Allah selalu menolong hambanya selama hambanya menolong saudaranya. Siapa yang menempuh jalan untuk mendapatkan ilmu, akan Allah mudahkan baginya jalan ke syurga. Sebuah kaum yang berkumpul di salah satu rumah Allah membaca kitab-kitab Allah dan mempelajarinya di antara mereka, niscaya akan diturunkan kepada mereka ketenangan dan dilimpahkan kepada mereka rahmat, dan mereka dikelilingi malaikat serta Allah sebut-sebut mereka kepada makhluk disisi-Nya. Dan siapa yang lambat amalnya, hal itu tidak akan dipercepat oleh nasabnya.
    smoga kegiatan ini lebih berkembang lg.amin

  • novti silvia PGSD 2H wrote on 19 April, 2010, 15:41

    saya sangat mendukung dengan kegiatan ini..
    kegiatan ini sangat membantu anjal mendapatkan pendidikan walaupun hanya sedikit yang mereka terima,,tp itu sangat bermanfaat bagi mereka untuk menghadapi hidup ini..
    terus jalnkan kegiatan ini,,terus semangat untuk anjal semua…!!!

  • neng mardiana PGSD 2H wrote on 19 April, 2010, 15:46

    saya sangat setuju dan mendukung kegiatan pernik ini. dengan diadakannya kegiatan ini, sedikit membantu para anjal untuk mendapatkan ilmu..
    seharusnya pemerintah kita lebih menindaklanjuti nasib anjal,,seperti tercantum dalam UUD ’45 yang menyatakan bahwa fakir miskin dan anak terlantar dipelihara oleh negara,,dari pasal tersebut dapat dilihat bahwa pemerintahlah yang harus berperan aktif untuk membantu anjal dan memberi mereka penghidupan dan pendidikan yang layak …..
    kobarkan SEMANGAT kalian demi mencapai cita-cita yang diimpikan !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  • wika meriatama PGSD 2H wrote on 19 April, 2010, 15:53

    Subhanallah Allah telah memberikan petunjuk kepada PERNIK untuk peduli kepada anjal,,mereka sangat membutuhkan uluran tangan dari para dermawan seperti anggota pernik..saya pun ingin seperti anggota pernik dikala nanti,,yaitu membantu para anjal untuk mendapat pendidikan yang layak mereka dapatkan..
    saya merasa prihatin atas yang mereka alami,,pendidikan kurang layak,,penghidupan apa lagi..mereka seharusnya mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah,,,tapi apa yang dilakukan pemerintah???mereka malah seperti menelantarkan anjal dan tidak mempedulikannya….itu yang saya lihat dan saya rasakan ….saya harap dengan kegiatan seperti ini,,anjal benar2 mendapatkan yang sepatutnya ia terima …
    SEMANGAT !!!!

  • Adinda Risanti (PGSD II-D) wrote on 21 April, 2010, 10:08

    tidak dipungkiri lagi, di Indonesia banyak sekali anak jalanan. di setiap lampu merah di jalan raya begitu banyak anak jalanan yang sedang berusaha untuk tetap bertahan hidup. padahal di lihat dari usianya tidak sedikit dari mereka yang masih usia sekolah. banyak orang yang memandang rendah kepada anak jalanan, mungkin karna penampilan mereka. saya sangat setuju dengan kegiatan/program yang dilaksanakan oleh pernik. dengan begitu anak jalanan dapat dibimbing dan dibina serta mempunyai kesempatan untuk belajar dan mengembangkan kreatifitasnya sehingga mereka memiliki pengetahuan dan kemampuan baik di bidang seni maupun pengetahuan.
    walaupun mereka sebagai anak jalanan, mereka juga merupakan warga negara yang memiliki hak yang sama. hak mendapatkan perlindungan, pendidikan, jadi dengan program tersebut dapat memperbaiki pandangan orang terhadap anak jalanan.
    untuk para anak jalanan tetap semangat, capailah cita-citamu dan jangan putus asa. berdoa dan tetaplah kuat dalam menjalani hidup ini. untuk pernik, lanjutkan program ini karna program ini sangat bagus dan dapat membantu para anak jalanan dalam memperoleh pendidikan,.

  • nurul maulani PGSD 2H wrote on 21 April, 2010, 12:09

    Assalamu’alaikum…
    Subhanallah,, mulia sekali kegiatan PERNIK ini, membantu anjal dalam memperoleh pendidikan. Saya sangat setuju dan mendukung kegiatan tersebut, karena tidak semua orang dapat melakukan hal yang mulia itu. Seharusnya masyarakat luas dan pemerintah dapat meniru tindakan konkrit seperti yang dilakukan oleh PERNIK. Karena sesungguhnya anjal pun merupakan tunas-tunas bangsa yang akan melanjutkan kehidupan bangsa ini.
    tak sedikit diantara mereka memiliki kemampuan yang lebih dibandingkan dengan anak-anak lain pada umumnya. hanya saja kendala mereka terletak pada kurangnya perhatian orangtua dan keterbatasan dana. dengan adanya kegiatan ini, PERNIK telah memberikan angin segar kepada anak-anak jalanan untuk mendapatkan kehidupan yang lebih layak.
    Saya berharap suatu saat nanti saya pun bisa ikut serta dalam kegiatan tersebut.

  • Neneng Mariyana FKIP UNPAK PGSD D SEMESTER 2 wrote on 23 April, 2010, 12:43

    Saya begitu sangat takjub dan sangat menggugah hati saya setelah membaca paparan diatas saya sangat setuju dengan kegiatan PETNIK begitu sangat mulia karna tak banyak orang-orang yg perduli terhadap anak-anak jalanan yang ada di sekitar kita.memang sudah saatnya mereka mendapat keadilan dan mendapat perhatian yg lebih dari kita.karna mereka ada dengan keadaan seperti itu bukan karna keinginan mereka tetapi mereka juga ingin keadaan yg lebih baik.mereka bukan bodoh, tetapi mereka butuh ada yg membimbing karna sebenarnya mereka memiliki kemampuan yg mungkin jika diasah dan dibantu seperti kegiatan yg dilakukan oleh PETNIK maka kemampuan itu akan semakin menonjol dan akhirnya menjadi bekal untuk mereka menjalani kehidupan kedepannya yg lebih baik. saya berharap kegiatan nie akan tetap terlaksana n akan tetap berlanjut.. aminn

  • siti adyanti suwikno PGSD-D smstr II wrote on 23 April, 2010, 15:34

    dengan ada nya anak jalanan itu sebenarnya memang sangat menggangu aktifitas kita sendiri, tetapi mereka seperti itu pasti mempunyai alasan yang khusus salah satunya tentang ekonomi mereka yang belum bisa di bilang layak. dengan adanya sekolah atau kegiatan tersebut membuat anak-anak jalanan mempunyai aktifitas tersendiri. mereka pun mempunyai hak yang sama seperti kita sebagai warga negara Indonesia.
    sebenarnya mereka semua pasti mempunyai minat dan bakat yang tinggi ntuk kehidupan mereka selanjutnya bila mereka di beri kesempatan untuk mendapatkan tempat tinggal dan pendidikan yang layak.
    bila ada sarana untuk membuat mereka lebih baik kenapa tidak kita bantu,,
    maju terus anak jalanan yang mempunyai potensi yang tinggi untuk kehidupan selanjutnyua.

  • ismayati PGSD 2_H wrote on 26 April, 2010, 10:04

    saya sangat setuju dengan adanya kegiatan PERNIK, yang dilaksanakan oleh Persada. kerena dengan adanya kegiatan ini, anak-anak jalanan dapat nendapatkan pendidkan yang sangat beguna bagi kehidupan mereka, sehingga merekapun mempunyai pengetahuan yang layak. semoga kegiatan ini tidak terhenti ditengah jalan, amien !

  • tri kaesar budi lestari_(PGSD D/ SEMSTER II) wrote on 26 April, 2010, 10:49

    seharusnya banyak orang yang lebihh peduli dengan banyaknya anak jalanan yang tak dapat dihitung lagi… bahkan mereka melakukan itu karena suruhan orang tua, dan orang tua tersebut tidak mengerti akan pentingnya pendidikan ataupun karena keuangan yang membuatnya seperti ini.
    kegiatan ini seharusnya banyak dilihat oleh masyarakat dan pemerintah. dan supaya mereka betah dan mungkin jumlahnya banyak kita harus bisa menjadikan motivasi, pembimbing dan pengajar yang baik dengan kata- kata yang lebih dimengarti.
    dan mungkin disatuakan dengan kesenian ataupun bakat yang terpendam dari masing- masing individu sehingga dapat tersalurkan, bahkan dapat menjadi sebuah usaha untuk menambah penghasilan sehari- hari..
    dan kita juga harus memahami masing- masing karakteristik dan psikologis anak tersebut supaya saat pembelajaran tidak menjadi memboankan dan harus metode yang cocok dan beragam supaya anak tersebut lebih menarik dan dapat mengajak teman- teman yang lain..
    semoga kegiatan ini lebih maju dan sukses yang dapat mengangkat anak-anak ini menjadi lebih baik…. Amien

  • Annisa Nurul Dhiani/FKIP-PGSD 'D' wrote on 27 April, 2010, 19:27

    Merupakan satu apresiasi positif yang dapat membangun kualitas bangsa kita, terutama bagi para generasi muda. keterbatasan baik fisik maupun non fisik bukanlah suatu halangan bagi siapa pun untuk dapat belajar, menuntut ilmu dan menambah perbendaharaan pengetahuan kita. Dewasa ini, wadah seperti komunitas pernik inilah yang memang dibutuhkan di negara kita, Indonesia. sudah menjadi kewajiban kita bersama untuk merangkul anak bangsa yang kurang beruntung (anak jalanan), sehingga membuat hidup mereka lebih bermakna. karena sesungguhnya anak-anak jalanan belajar adalah bukan suatu hal yang tabu, melainkan memang sudah menjadi hak yang harus mereka dapatkan.

  • wahyudin iskandar wrote on 28 April, 2010, 7:48

    Sungguh sangat mulia bagi orang-orang seperti anda yangmau memperhatikan Anak Jalanan,dengan diadakannya PERNIK anak jalanan bisa mendapatkan pendidikan yg bermanfaat untuk mereka. Anjal dianggap sebagai kaum minoritas yang senantiasa termarginalkan, bukan alasan mereka unutk hidup di jalan namun latar belakang ekonomi yang kurang dan keberadan keluarga yang carut marut menghantar mereka pergi dan mengamen di jalan.dengan keberadaan Pernik di kehidupan mereka bisa di jadikan sebagai modal untuk masa depan untuk lebih maju,dan tidak hidup di jalanan.

  • lucky permana pgsd 2D wrote on 28 April, 2010, 7:58

    assalamualaikum wr.wb
    Tidak semua anak jalanan yang berandal tapi banyak juga yang baik..saya sangat terkejut sekali dengan anda yang telah mengadakan PERNIK ini, karena dengan diadakannya itu anak jalanan bisa menikmati pelajaran yang telah di berikan oleh anda, mereka bisa menambah pengetahuan dan tidak pernah putus asa.. saya yakin anak jalanan pasti merasa sangat berterima kasih kepada anda.. mudah-mudahan anak jalanan bisa menjadi lebih baik dan tidak ketergantungan dari orang lain.

  • PURNAMA FKIP PGSD H SMESTER 2 UNIVERSITAS PAKUAN wrote on 28 April, 2010, 11:15

    Asalamualaikum……..
    Saya sangat kagum sekali dengan kegiatan pernik ini,karena menurut saya sekarang tuch sangat jarang sekali orang yang peduli sama kehidupan orang lain,mereka lebih mementingkan hidup mereka masing-masing tanpa peduli sama orang disekitar mereka……
    Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan pernik ini anjal bisa lebih mendapatkan kehidupan yang layak sama seperti anak-anak umumnya,karena tanpa kita ketahui sebenarnya mereka juga mempunyai potensi yang besar.
    Untuk semua anak jalanan kalian harus tetap semangat,tunjukan kemampuan kalian,keyzzzzz

  • dudi wrote on 28 April, 2010, 23:50

    Terima kasih sudah berkunjung ke situs pernik dan komentar-komentarnya yang membuat motivasi bagi kami yang terus berkomitmen atas kegiatan tersebut.

  • Pirda komaryadi PGSD II D UNPAK wrote on 30 April, 2010, 9:33

    Saya setuju sekali dengan program ini karena banyak sekali permasalahan-permasalahan pendidikan yang menyangkut anak-anak jalanan. kebanyakan anak jalanan tidak mendapatkan pendidikan yang semestinya mereka dapatkan karena mahalnya biaya pendidikan dan motivasi anak kurang. sampai ada istilah orang miskin tidak ikut mengenyam pendidikan termasuk anak jalanan. tapi syukur alhamdulillah dengan program ini problematika pendidikan anak jalanan lambat laun bisa terselesaikan…
    lanjutkan perjuangannya mudah-mudahan anak jalanan bisa lebih baik…..

  • Teguh Awibowo wrote on 30 April, 2010, 20:03

    Assalamualaikum.wr.wb

    hidup dijalanan itu sangat liar dan brutal merka hanya mmentingkan “uang” entah buat apa uang tersebut,tetapi ada juga yang memang benar2 mencari sesuap nasi karna faktor ekonomi.dengan adanya forum ini bisa membantu mereka yang ingin belajar,tidak mudah dan membutuhkan waktu yang lama untuk merangkul anak2 jalanan untuk mau belajar maka pendapat saya perbanyak anggota forum ini untuk merangkul mereka2 yang berhak mendapat kan pendidikan.
    pendapat ke 2 saya,berilah mereka akan bahayanya narkoba banyak anak2 jalanan yang terkena candu barang2 haram,dan berikan plajaran tentang perlunya moral yang baik.
    teima kasih pak sudah peduli terhadap anak2 jalanan,begitu mulia dan bijak sana hati bapak.

  • siti aisyah_(PGSD/D)semester 2 wrote on 29 June, 2010, 12:12

    assalamu”alaikum…
    saya sangat salut dan setuju dengan dengan kegiatan program ini,karena walau bagaimana pun anak jalanan memiliki hak yang sama dalam mendapatkan pendidikan,banyaknya yang merasa bahwa anak2 jalanan hanya sebagai sampah saja.padahal anak2 tersebut yang akan menjadi penerus dimasa yang akan depan.
    mereka layak memiliki hak mereka untuk mendapatkan perhatian dan pendidikan yang sama semoga saja dengan adanya program kegiatan seperti ini anak2 tersebut mendapatkan pendidikan untuk sebagai modal mencapai cita2 saya berharap anak jalanan harus tetap mengejar impian dan cita2 setinggi langit jangan menyerah untuk para anak jalanan kejar terus cita2mu……

  • susanti wrote on 29 June, 2010, 14:37

    Assalamu’alaikum…

    menurut pendapat saya setelah membaca pemaparan di atas,
    allhamdulillah ternyata masih ada masyarakat yang mempedulikan terhadap anak – anak jalanan. karena sebenarnya setiap anak memiliki hak yang sama untuk memperoleh pengetahuan, pendidikan. dan bagaimana kita sebagai manusia untuk memberikan itu kepada anak – anak jalanan. saya cukup bangga dengan di adakannya pernik , saya berharap pernik tidak hanya berada di daerah bogor saja , tetapi bisa berada di daerah lain dan seluruh anak di dunia dapat mendapatkan hak – haknya sehingga dapat mengembangkan kreatifitas dan bakat yang dia miliki……..

  • siti aisyah wrote on 29 June, 2010, 14:46

    assalamu”alaikum….
    saya sangat setuju dan salut dengan program pernik tersebut karena anak2 jalanan pun memiliki hak yang sama dalam mendapatkan pendididikan banyak masyarakat menganggap bahwa anak jalanan hanya sebagai sampah saja,mereka tidak menyadari bahwa anak jalanan yang akan meneruskan di masa depan.
    dengan adanya program pernik saya berharap semoga anak2 jalanan mendapatkan hak yang sama perhatian dan pendidikan,untuk anak jalanan saya berharap tetap semangat dan tidak putus asa kejarlah mimpi dan cita2 mu setinggi langit semangaaaatttt…………

  • BAWA NINGSIH PGSD D SEMESTER II wrote on 5 July, 2010, 12:12

    azlamkm pak jamal…….

    setelah membaca artikel tentang anak jalanan tersebut, pendapat saya sangat positif. mudah-mudahan semua yang dilakukan oleh bapak atau pernik sangat bermanfaat untuk sekarang, hari ini, esok dan yang akan datang. kegiatan yang sangat menyentuh hati, yaitu kegiatan sosial yang tidak pandang bulu untuk memajukan kecerdasan anak bangsa untuk membantu mendapatkan pendidikan yang layak. anak jalanan butuh didikan, kasih sayang dan arahan yang positif. cayoo pernik……..smoga makin sukses&berhasil.
    dan untuk anak-anak yang sedang dididik slalu nurut ya sama kakak”nya…

  • sartika septiani (PGSD D II) wrote on 5 July, 2010, 12:25

    assalamu”alaikum….
    wah pertama baca sangat menarik sekali, ternyata komunitas anjal juga sangat di perhatikan dan di perdulikan. Saya tertarik sekali dengan apa yang di lakukan pernik, kalau saja di kampus kita ini ada komunitas yang hanya khusus belajar bareng anak jalanan seperti yang dilakukan pernik, saya pasti ingin ikut serta, karna rasanya pasti akan berbeda dengan mengajar anak SD, karna menurut pengalaman saya setelah sering melkukan obserpasi di SD saya sudah mulai pahan arti seorang guru, dan dengan belajar bareng anjal itu pasti sangat berbeda. Memang seharusnya semua anak harus mendapatkan pendidikan tanpa terkecuali. Maaf sebelumnya, tapi kalau saya boleh kasih saran, dan kalau diterima, bagaimana jika anak jalanan yang biasa mengamen di beri kesempatan untuk mengembangkan bakatnya, jadi bukan hanya belajar bersama tetapi mengajarkan juga bagaimana menyalurkan bakat yang dimiliki, dan ke ahlian anak yang ikut pernik kalau bisa lebih diperhatikan, misalnya seorang anak perempuan di ajarkan menyulam, karna dengan begitu pasti akan bermanfaat bagi kehidupannya kelak. seperti yang dikatakan di atas anjal adalah komunitas dari anak – anak yang kurang dalam perekonomiannya jadi dengan di ajarkan kerajinan itu pasti dapat membantu dalam perekonomiannya. Dia bisa membuat tas, dompet atau yang lainnya sesuai dengan yang telah dia pelajari, dan selain dapat pelajaran umum mereka juga dapat pelajaran ekstra dalam mengikuti kegiatan pernik ini. Jadi rasanya sangat adil ketika anjal dapat diperhatikan, karena pada dasarnya mereka juga adalah masa depan bangsa kita, jadi dengan adanya pernik ini kita setidaknya sudah menolong masa depan kita dengan mencerdeskan anak bangsa. Kalau saja banyak pernik – pernik yang lain diluar sana pasti masalah anak jalanan ini akan berkurang.
    Pernik jangan pernah berhenti dan mengeluh karana saya akan selalu dukung . chayooo pernik….!!! Teruskan perjuangan mulia mu.. Dan saya yakin anjal pasti cinta kalian.
    “Sejuta Kasih untuk kalian PERNIK”
    Seperti kata d’masiv
    “Jangan menyerah – jangan menyerah…”
    Tetap jalani hidup ini dan lakukan yang terbaik untuk sesama…

    Good Luck PERNIK..

  • yanti PGSD H/2 wrote on 5 July, 2010, 15:15

    Assalamuallaikum wr.wb
    Saya sangat bangga dan senang dengan adanya kegiatan PERNIK karena bakat-bakat yang dimiliki anak jalanan tersebut bia lebh terarah lagi, selain itu mereka bisa belajar tentang attitude dan tidak ketinggalan perkembangan-perkembangan yang terjadi di bumi ini terutama dalam dunia pendidkan. dengan adanya PERNIK bisa memotvasi masyarakat agar tidak memandang anak jalanan dengan sebelah mata.
    masukan buat pernik: agar kegiatan PERNIK lebih di sosialisasikan kepada masyarakat sehingga lebih banyak lagi masyarakat yang perduli terhadap mereka.
    wassallammualaikum
    terima kasih

  • Dedi junaedi fkip 2H UNPAK npm.037108216 wrote on 5 July, 2010, 15:50

    assalam mualaikum
    saya bangga ternyata dalam caruk maruk kehidupan yang sesulit ini masih ada yang memperhatikan anak jalanan khususnya di pernik i bogor ini pemerintah yang mengucilkan anak jalanan akan tetapi di pernik ini sangat di perhatika dengan kedua mata ketulusan hati kelembutan tuturkata dalam setiap perwujudannya membina anak anak jalanan,buat pa jamal terus pa jangan menyerah meski raga telah lelah jangan sampai menyerah pa,memang pemerintah indonesia sangat lucu jika anak anak jalanan di tertibkan akan tetapi tidak di berikan pengarahan serta wawasan yang luas serta tidak di berikan pelatihan keterampilan hanya mampu mengucilkan akan tetapi para koruptor yang menguras uang rakyat di lakukan secara terhormat mekipun bersalah.
    Untuk semua aak jalanan indonesia jangan pernah putus asa,berharap dan bermimpi berjuang dengan semngat jangan pernah menyerah yakin lh kelak nanti suatu hari kesuksesan akan kau raih dan kau capai.
    dalam hidup sealu ada rintangan akan tetapi jangan jadi penghalang bagi kalian semua,dan terus perbesar lagi kegiatan ini kami mahasiswa pakuan mendukung program ini 100%.
    semoga sukse dan semangattttttttttt………………………..

  • ramlan/pgsd/2H wrote on 5 July, 2010, 16:22

    anjal memang perlu perhatian khusus dari kita semua, karena kita tidak dapat menutup mata akan hal ini. karna beberapa faktor yang menyebabkan adanya anjal di lingkunagn kita. berbagai macam kegiatan positf dapat dilakukan kita semua, seperti yang telah di contohkan oleh pernik. kita tidak boleh menutup mata mengenai anjal ini, walau kadang ada orang yang memandang sebelah mata para anjal tersebut. kita sebagai makhluk tuhan dan makhluk sosial di lingkungan masyarakat perlu ambil bagian dalam permasalahan ini. tidak kita pungkiri para anhjal ini adalah bagian dari hidup kita yang salu ada dalam lingkungan masyarakat yang sering ali kita abaikan keberadaannya. anjal pun memiliki sis positif yang tinggi jika ereka di asuh dan diberikan perhatian khusus agar sifatsfat positif mereka terus terasah pada hal yang berguna dan positif, salah satunya yaitu dalam berkesenian yang mereka tonjolkan yaitu seni tarik suara atau nyanyian. jika kita mengarahkan dengan baik maka mereka akan enjadi sosok yang patut diperhitungkan didunia musik.
    jadi kita harap kita agar turut berpartisipsas dalam penanganan anjal di manapun, saya turut mendukung dan salut kepada anggota pernik agar terus maju dan emotivasi kami agar menjadi sosok yang lebih peduli terhadap lingkungan kita,,,,,,,, SEMANGAT PERNIK

  • Moh.Imam mahbub PGSD 2H wrote on 5 July, 2010, 16:28

    assalamu’alaikum wr.wb.
    sungguh luar biasa kegiatan yang dilakukan PERNIK dalam kegiatannya maeberdayayakan anak jalanan(anjal) mendidik dan merangkul mereka sehingga mereka memiliki potensi atau keahlian dari mulai belajar calistung sampai mereka diajarkan kesenian.hal ini sangat penting bagi anjal demi keberlangsunngan hidup mereja karena dari potensi yg dimilikinya kelak akan berguna sebagai bekal dimasa depan, sehingga mereka tidak terus mengamen di jalan apalagi seperti yang dijelaskan diatas ada beasiswa bagi mereka sehingga dapat mereka meneruskan sekolahnya.
    harapan saya semoga nasib anjal lebih diperhatikan oleh pemerintah sehingga hak-hak sebagai warga negara indonesia bisa terangkat seperti halnya anak-anak yang lain bernasib baik dan kalau bisa PERNIK kegiatannya tidak berada di wilayah bogor saja namun harus merata diselurh indonesia supaya anjal bisa lebih mengembangkan potensi dan kreatifitasnya.semangat anjal !!!!

  • Imamudin Yusro,PGSD 2H wrote on 5 July, 2010, 16:32

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Subhanallah, sungguh mulia sekali kegiatan yang dilakukan oleh PERNIK ini, saya sangat setuju dan bangga sekali, karena walau bagaimanapun anak2 jalanan bukanlah sampah yang berserakan di lapisan masyarakat, melainkan manusia membutuhkan perhatian dan kepedulian pemerintah serta dari berbagai pihak dan sebagai manusia yang juga memilki hak yang sama layaknya insan yang lain untuk mendapatkan hak pendidikan dan pengetahuan yang nantinya akan memberikan masa depan yang cerah bagi mereka.
    siapa yang tahu jikalau mereka memiliki bakat tertentu yang bisa diexplore untuk mereka sendiri atau mungkin yang dapat menjadi kebanggaan Indonesia bila kita belum mencoba memberikan pendidikan dan pengetahuan seni dan budaya, sains, bahasa Inggris, calistung atau ilmu pengetahuan lainnya.
    semoga PERNIK dapat tetap menyelenggarakan dan memperluas program ini di setiap sudut kota, agar indonesia ini menjadi negara yang cerdas dan mampu bersaing keras dengan negara lain.
    Sebelumnya mohon maaf dan terima kasih..
    wassalamu’alaikum wr.wb.

  • Dewi sri W.D PGSD KELAS H/ SMT 2 wrote on 5 July, 2010, 16:36

    Assalamuallaikum..salam sejahtera..
    setelah saya baca wacana di atas saya sangat kagum sama kegiatan yang di lakukan oleh PERNIK peduli sama anak jalanan,,tidak banyak orang yang peduli sama anak jalanan bahkan mereka malah mengasingkan anak jalanan karena anak jalanan identik dengan brutal yang tak punya etika ternyata hal tersebut salah tidak semua anak jalanan seperti itu.asal mereka ada jalan dan ada yang peduli mereka bangkit dan siap memajukan masa depan indonesia supaya menjadi yang lebih baik..sangat mulialah kegiatan yang Diadakan oleh PERNIK dan seharusnya kegiatan ini meNjadi perhatian khusus bagi pemerintah supaya tidak hanya Pernik yang mempunyai kegiatan seperti ini..dan pernik ini sangat pantas mendapat penghargaan khusus karena peduli terhadap nasib anak-anak jalanan yang tidak banyak orang atau organisasi yang seperti ini peduli terhadap anak jalanan..saya yakin tidak hanya Anjal yang membutuhkan pendidikan dan perhatian tetapi banyak anak-anak jalanan di luar sana yang membutuhkan pendidikan..untuk PERNIK teruskan kegiatan mulia ini smoga apa yang di harapkan tercapai amiiin..GOOG LUCK!!!!

  • Vina henliani(PGSD/2/H) wrote on 5 July, 2010, 16:38

    Assalam’mualaikum wr.wb
    Saya merasa begitu Bangga terhadap PERNIK yang telah memberikan sumbangsi terhadap Negara ini. Dengan cara memberikan pembelajaran kepada anak-anak jalanan yang ada didaerah sekitar.
    memang sangat memprihatin dengan Para Pemimpin kita yang hanya memikirkan dunianya saja dan tidak melihat bahwa masih banyak kekurangan di dunia pendidikan yang harus dibenahi.
    Dengan adanya kegiatan seperti ini dapat membantu anak-anak jalanan untuk berkembang dan melanjutkan kehidupnya dengan lebih baik.

    LANJUTKAN MISI MU PERNIK..

  • Ikmal Mulyana (PGSD II/D) wrote on 6 July, 2010, 10:29

    dewasa ini, banyak orang hidup dengan ditunjang fasilitas yang serba modern. di satu sisi, kita akui bahwa hal tersebut tak lain memang implikasi dari kemajuan IPTEK. akan tetapi, di lain sisi seiring dengan perkembangan tersebut, masih banyak masyarakat khususnya di Indonesia seakan belum merasakan kemajuan ini. bahkan tak sedikit pula di antara masyarakat kita yang masih hidup dengan alakadarnya dan bahkan boleh dikatakan kekurangan, terlebih di bidang pendidikan. maka dari itu, berangkat dari sini saya sangat memberikan support yang sangat positif ketika ada satu komunitas dimana di dalamnya terbentuk kepengurusan dan bergerak pada Bidang Pendidikan khususnya. tentu sudah menjadi harapan kita semua, mudah-mudahan kita akan selalu tergerak untuk membantu nasib saudara-saudara kita dan kepada Persada Etnika, semoga dapat terus berjuang di jalan yang penuh dengan rintangan untuk menuju sebuah kemenangan. triemz..

  • dudi wrote on 6 July, 2010, 11:28

    Terimakasih atas semua komentar dan apresiasinya, komentar anda adalah motivasi bagi kami. selamat bergabung dengan situs kami. Mari kita berpikir dan berbuat untuk pendidikan bangsa ini.

  • yeni ratnapuri(PGSD D) wrote on 6 July, 2010, 14:10

    Assalamualaikum. . .wr.wb.
    Setelah saya membacanya.Jujur saya katakan,saya merasa bangga dan terharu,di zaman sekarang masih ada orang yang baik hati dan penyayang, yang masih peduli terhadap anak jalanan seperti PERNIK ini,saya berharap banget dengan adanya kegiatan yang dilakukan oleh pernik ini,dapat membuka hati setiap orang yang membaca atau melihatnya.bahwa anak jalanan itu jangan haya dilihat sebelah mata saja,mereka juga sama seperti yang lainnya.mempunyai kebebasan untuk memperoleh pendidikan,berkreasi,dan bisa menjadi orang yang membanggakan.Lanjutkan PERNIK!
    ORANG YANG BERMANPAAT ADALAH ORANG YANG DAPAT MEMBERIKAN BANYAK MANPAAT KEPADA ORANG LAIN.GOOD LUCK!

  • astri riani lestari (PGSD II/D) wrote on 6 July, 2010, 17:56

    setelah saya membaca paparan di atas saya merasa sangat luar biasa sekali,karena masih ada yang peduli dengan anak jalanan,apalagi di jaman seperti sekarang ini rasanya sudah sangat sedikit orang yang memperhatikan dan perduli terhadap anak jalanan seperti PERNIK ini.semoga dengan adanya kegiatan seperti ini anak2 jalanan tersebut bisa mendapatkan ilmu bagi dirinya,karena mereka adalah anak-anak calon penerus bangsa..dan semoga mereka pun bisa merubah kehidupannya kelak dan menjadi orang yang sukses *amiin*,jika mereka memang sungguh-sungguh mau untuk belajar..:))..Good luck ^_^

  • indah kurniawati ( PGSD H/2. UNPAK ) wrote on 7 July, 2010, 16:49

    Assalamualaikum Wr,Wb..
    Saya sangat bangga, terharu, dan salut terhadap PERNIK. Pendidikan saat ini telah berkembang menjadi suatu hal yang sangat pesat, baik itu dalam lingkungann internal maupun external. Allah menciptakan manusia dengan ragam karakter, jiwa, dan rasa yang berbeda. Disini..dalam Pernik setidaknya telah memberikan suatu getaran yang berbeda dalam ilmu pendidikan. Anjal… yang mungkin sebagian orang – orang menganggap remeh dan rendah, banyak yang bilang tidak tahu sopan santun, tidak berpendidikan,,, Salah!! Dengan Adanya PERNIK perlu kita ketahui bahwa ANJAL adalah anak yang mempunyai banyak potensi, bakat, serta berbagai ragam jiwa yang unik. walaupun ilmu yang mereka dapat berbeda dengan kita, tapi jangan salah, pengetahuan mereka tentang makna dari hidup ini di atas rata – rata kita. Dengan rutinitas yang dilakukan oleh PERNIK sekarang semua ilmu dan pengetahuan para ANJAL dapat lebih terarah dengan baik, bahkan mungkin mereka lebih mengerti tentang perjalanan hidup itu seperti apa di bandingkan kita. Mungkin, kalau seandainya PERNIK tidak menyentuh tangan mereka, orang – orang akan terus menyisihkan mereka ke dalam golongan minoritas. Tapi, Berkat PERNIK, kini kita tahu,, bahwa ANJALpun dapat terus berkibar sama seperti kita yang mempereoleh pendidikan internal. Saya mungkin tidak bisa berkata – kata,, tapi… dalam lubuk hati yang terdalam saya merasa sangat senang dan bangga, karena kreatifitas ilmu yang mereka punya bisa lebih terarah dan terbentuk. Teruslah berjuang untuk mengenalkan sosok kalian sebenarnya dan semoga kalian bisa memperlihatkan senyum terindah untuk negeri ini. Teruslah belajar, teruslah penasaran, karena penasaran merupakan awal ilmu yang berharga… Jangan Menyerah !!!

  • nurasiah jamil H2 PGSD wrote on 8 July, 2010, 14:27

    setelah saya membaca paparan PERNIK di atas; saya sangat kagum dan bangga kepada orang-orang yang telah mendirikan kegiatan PERNIK tersebut ;karena dengan adanya kegiatan tersebut;dapat memberikan kesempatan kepada anak jalanan untuk tetap sekolah dan mendapatkan masa depan yang baik;saya do’akan semoga kegiatan PERNIK ini terus berkembang;karena sangat bermanfaat sekali bagi kelangsungan hidup anak jalanan agar tidak berhenti hanya di jalanan saja,dengan kekucelan mereka….semangat!!!

  • LUCKY SEFTYA YUNAINI ( Pgsd / II h ) wrote on 8 July, 2010, 14:33

    Assalamuakaikum Wr.Wb
    Saya sangat mendukung sekali atas di bentuknya PERNIK ,,
    kebanyakan orang-orang sekarang memandang ANJAL dengan sesuatu yang “menakutkan,berandal,meresahkan,bahkan sampah masyarakat”.Padahal pada dasarnya ANJAL sendiri pun tidak pernah mencita-citakan dirinya untuk menjadi anak jalanan, menurut yang saya tau pendorong terjadinya ANJAL karena memang faktor ekonomi mereka yang sulit yang mengharuskan mereka untuk hidup di jalanan demi penyambung hidup, alu ada pula pendorong yang lain yaitu karena mereka ingin hidup “freedom”/kebebesan maka mereka memilih cara untuk hidup di jalanan.
    Memang tak mudah mencari solusi atas pernasalahan ANJAL ini,perlu peran serta pemerintah dan dukungan dari masyarakat untuk membantu menyelesaikan semua permasalahan ini, mungkin dengan cara melakukan pelatihan-pelatihan keterampilan dibidang musik atau bimbingan untuk berwirausaha yang dapat sedikit membantu para ANJAL ini untuk berpenghasilan lebih dan mendapatkan keterampilan untuk bekal dirinya sendiri.
    good luck selalu buat PERNIK !!

    Wasalam ………

  • Dewi Retno Sari wrote on 8 July, 2010, 15:25

    Assalamualaikum wr. wb.
    setelah membacanya, saya sangat kagum sekali terhadap kegiatan pernik tersebut. sangat memberikan manfaat untuk orang lain. pernik memberikan pendidikan kepada para anak jalanan, sungguh sangat mulia sekali. karena, meskipun mereka anak jalanan, mereka berhak untuk mendapatkan pendidikan. dengan kegiatan pernik ini, dapat membantu anak-anak yang tidakl bisa membaca, menulis, dan berhitung menjadi bisa. sungguh kegiatan yang sangat mulia sekali. dengan memberikan pendidikan kepada anak-anak jalanan, mereka tidak akan mudah untuk dibodohi oleh orang lain. mereka bisa tahu yang mana yang benar edan yang mana yang salah, mereka juga tahu bagaimana bersikap yang baik terhadap orang lain. sungguh kegiatan yang sangat mulia sekali. pada zaman sekarang ini, dimana orang-orang sibuk sendiri, mengejar karir ataupun mengejar uang. tetapi pernik bisa menyempatkan diri untuk memberikan pendidikan kepada anhak-anak jalanan. untuk bisa peduli kepada anak-anak jalanan. saluuuuuut banget deh buat kegiatan pernik ini. kegiatan yang sangat mulia, dapat memberikan manfaat kepada orang lain dan sangat peduli kepada anak-anak jalanan yang merupakan bagian dari penerus bangsa. semangat terus dengan kegiatan-kegiatan mulia lainnya……………..
    GOOD LUCK……

  • yuniawati sidik pgsd d npm 037109062 fkif pgsd wrote on 8 July, 2010, 15:32

    komentar saya tentang program anak jalanan.
    amat sangat bagus sekali, dengan begitu anak2 yang kurang mampu dalam melanjutkan sekolah dapat merasakan untuk bersekolah. karna sekolah atau pendidikan sangat penting sekali. karna sekolah itu tidak memandang kaya miskin, orang yang kaya atau miskin harus wajib melaksanakan sekolah, dan anak jalanan pun harus dapat sekolah juga, agar mereka pintar dan tidak bodoh. dan agar anak jalanan pun memiliki sopan santun dan tata krama. agar anak jalana tidak dianggap remeh oleh orang lain. karna sering kali anak jalan seperti pengamen selalu dianggap remeh oleh orang2, seperti dianggap tidak berpndidikan, berandalan, tidak ke urus..
    program tentang anak jalanan amat bagus sekali, saya dukung pak.
    trima kasih.

  • Dewi Retno Sari (PGSD II/D) wrote on 8 July, 2010, 15:36

    Assalamualaikum wr. wb.
    setelah membacanya, saya sangat kagum sekali terhadap kegiatan pernik tersebut. sangat memberikan manfaat untuk orang lain. pernik memberikan pendidikan kepada para anak jalanan, sungguh sangat mulia sekali. karena, meskipun mereka anak jalanan, mereka berhak untuk mendapatkan pendidikan. dengan kegiatan pernik ini, dapat membantu anak-anak yang tidakl bisa membaca, menulis, dan berhitung menjadi bisa. sungguh kegiatan yang sangat mulia sekali. dengan memberikan pendidikan kepada anak-anak jalanan, mereka tidak akan mudah untuk dibodohi oleh orang lain. mereka bisa tahu yang mana yang benar edan yang mana yang salah, mereka juga tahu bagaimana bersikap yang baik terhadap orang lain. sungguh kegiatan yang sangat mulia sekali. pada zaman sekarang ini, dimana orang-orang sibuk sendiri, mengejar karir ataupun mengejar uang. tetapi pernik bisa menyempatkan diri untuk memberikan pendidikan kepada anhak-anak jalanan. untuk bisa peduli kepada anak-anak jalanan. saluuuuuut banget deh buat kegiatan pernik ini. kegiatan yang sangat mulia, dapat memberikan manfaat kepada orang lain dan sangat peduli kepada anak-anak jalanan yang merupakan bagian dari penerus bangsa. semangat terus dengan kegiatan-kegiatan mulia lainnya…………..
    GOOD LUCK……

  • ira yuniarsari (PGSD 2/D) wrote on 8 July, 2010, 16:21

    Mereka ada di sekitar kita, banyak, namun kadang kita tidak pernah menganggap mereka ada.
    Image yang buruk, kotor, bau, brutal, penampilan yang aneh sehingga membuat kita selalu berpikir negatif terhadap mereka,, itulah mereka, anak jalanan.
    PERNIK ada untuk mereka, membantu mereka agar bisa lebih beradaptasi dengan dunia, berilmu, agar bisa menjadi manusia yang berguna, tidak menjadi orang terbelakang, sehingga bisa dipandang juga oleh orang lain. Saya merasa malu karena mungkin selama ini saya hanya bisa berbicara namun sedikit yang bisa saya lakukan untuk mereka. namun di sisi lain saya juga bangga karena masih ada orang yang peduli terhadap mereka, tidak hanya dengan ucapan namun perbuatan. talk less do more.
    mungkin sebelum mereka mengikuti program PERNIK masa depan yang mereka impikan terasa suram, tapi sekarang mereka dapat menyusun kembali rencana masa depan yang mereka impikan.

    majuu teruusss PERNIK dan sukses selalu!!!!

  • siti novia handayani (PGSD-D/2) wrote on 8 July, 2010, 16:50

    salut pada PERNIK ,terkadang anak jalanan sering di razia oleh polisi dan sekarang tidak perlu lagi karena mereka bukan sumber masalah. Keberadaan anak jalanan di setiap persimpangan jalan adalah fenomena, gejala tentang gambaran nyata kondisi kemiskinan suatu kota dan gambaran kemiskinan bangsa kita. Penanganan anak jalanan harus dilakukan secara profesional. Jika tidak, berpotensi generasi yang hilang di indonesia.
    sebenarnya yang diberikan pendampingan tidak hanya anak jalanan, tetapi juga orangtuanya. Orangtuanya diberikan pelatihan dan diberi modal usaha. Sedangkan kepada anaknya, ada tutorial yang menangani masalah pendidikan mereka.
    maju terus untuk PERNIK … GOOD LUCK !! :)

  • irma nuraeni(PGSD 2/H) wrote on 8 July, 2010, 18:33

    saya sangat terharu sekali dengan kegiatan belajar bareng anak jalanan,karena saya baru mendengar tentang ini dari kegiatan pernik……
    saya setuju dengan kegiatan ini karena anak anak jalanan bisa mendapatkan ilmu atau pendidikan bagi dirinya…dengan begitu kita peduli kepada sesama khususnya kepada anak jalanan..
    mudah mudahan kegiatan ini bisa menjadi pelajaran bagi kita semua,agar kita saling berpegangan tangan dan saling memberikan semangat….

    buat pernik,maju terus jangan menyerah walau ada rintangannn………saya akan selalu mendukung,kegiatan kegiatan pernik yang bermanfaat bagi masyarakat luas……….suksess yahhhh

  • Rd Kartika Tusiani P wrote on 8 July, 2010, 18:39

    Assalamualaikum wr,wb..

    Ya Allah kebesaranmu sungguh luar biasa dan saya sangat kagum sekali,dijaman sekarang masih ada yang peduli menyayangi anak jalanan..
    saya berharap pak jamal tidak pantang menyerah terus berjuang pak tanpa henti mereka pejuang bangsa masa depan yang akan datang,mereka tidak usah lagi mengamen di pinggir jalan untuk mencari sesuap makan,
    mereka pantas merasakan kebahagiaan mereka butuh perhatian dari kita dan pemerintah khususnya.mereka adalah orang-orang yang berbakat galilah potensi kalian agar menjadi musisi yang propesional..
    terus SEMANGATTTTTT dan semangat
    mohon maaf jika ada kata-kata saya yang kurang berkenan dihati pap jamal..
    wasallamualaikum wr,wb

  • intan rachmatika (PGSD II H) wrote on 9 July, 2010, 19:41

    saya setuju dan bangga kepada komunitas persada etnika yang telah memberikan pendidikan kepada anjal secara gratis,,
    jaman sekarang ini sudah sangat jarang yang peduli anjal, pemerintah pun tidak peduli keberadaan anjal, sebagai pemerintahan seharusnya ikut mendukung komunitas” seperti persada etnika ini .
    maka dengan adanya komunitas ini anjal mendapat perhatian dan bisa ikut beljar seperti anak yang lebih beruntung .
    untuk semua masyarakat jangan pernah memandang anjal dengan sebelah mata , anjal pun butuh perhatian .
    karna banyak anjal yang juga memiliki bakat tersendiri , banyak dari mereka menjadi anjal karna terpaksa, ada yang karna orang tuanya bercerai , kekerasan dirumah , faktor hidup miskin , ditelantarkan oleh orang tuanya .
    anjal memiliki rasa solidaritas yang sangat tinggi ,
    untuk ANJAL : jangan pernah menyerah saya yakin kalian pun sama seperti kami yang memiliki tujuan hidup dan cita” ,teruskan hidup kalian untuk menjadi orang yang lebih baik lagi , semoga cita” kalian akan tercapai DAN banggakan INDONESIA .
    tunjukan pada semua orang bahwa anjal pun bisa dibanggakan .
    SEMANGAT TERUS ,,
    CAYYO …..

  • Rd Kartika Tusiani P PGSD H/2 UNIVERSITAS PAKUAN wrote on 9 July, 2010, 19:56

    Asalamuaalaikum wr,wb..

    Saya sangat mendukung sekali dan bangga dengan di adakannya PERNIK ini, di jaman sekarang masih ada yang peduli dan penyayang dan tentunya bisa lebih meningkatkan lagi potensi anak jalanan.

    teruslah berjuang pak, mereka masih membutuhkan uluran tangan kita. mereka sosok pejuang bangsa untuk masa depan yang akan datang, mudah-mudahan apa yang pak jamal perjuangkan untuk PERNIK selalu di ridhoi ALLAH swt…………..amien!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    SEMANGAT dan good luck PERNIK!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  • Wulan Isnainia (PGSD II / D) UNPAK wrote on 12 July, 2010, 11:43

    Assalamuallaikum.Wr.Wb
    Saya sangat bangga di jaman modern saat ini masih ada kegiatan seperti yang di lakukan oleh PERNIK kepada anak jalanan. Itu semua sebagai bentuk perhatian yang luar biasa terhadap anak jalanan. Pernik membimbing anak jalanan menjadi sosok anak INDONESIA yang mau berusaha untuk memperhatikan hidupnya menjadi yang lebih baik di kedepannya dan itu membuat saya salut atas semua yang dilakukan oleh PERNIK kepada anak jalanan. Karena saya tahu anak jalanan pun sangat memerlukan ilmu-ilmu yang bermanfaat untuk dirinya dan masa depannya. Semoga akan terus bermanfaat bagi anak jalanan yang ingin terus belajar.
    Amin..
    SEMANGAT PERNIK, LANJUTKAN MISI MU ^_^

  • widiya saputri wulandari (037109183) 2/D wrote on 14 July, 2010, 11:10

    assallamu’alaikum wr. wb
    saya sangat setuju dengan kegiatan yang bapak adakan untuk anak jalanan ini, karena dengan melalui kegiatan ini membuat mereka merasa sedikit senang, karena masih ada orang yang peduli terhadap mereka. melalui kegiatan ini banyak anak jalanan yang memperoleh pengetahuan, dan mengembangkan bakat dan minat yang ada pada diri mereka, sehingga mereka tidak lagi malu atau takut untuk menghasilkan karya dari kreatifitas mereka sendiri. dengan melalui kegiatan ini juga dapat membuka mata masyarakat bahwa tidak semua anak jalanan seperti yang selama ini mereka lihat. banyak dari anak jalanan yang masih punya orang tua, tapi tidak mau hidup dengan orang tuanya karena selalu mendapat kekerasan dari didikan orang tuanya, sehingga mereka memutuskan untuk hidup di jalanan yang menurut mereka dapat memberikan kebebasan tanpa ada yang mengatur hidup mereka. namun ada juga anak jalanan yang terpaksa hidup di jalanan dikarenakan memang sudah tidak mempunyai orang tua lagi, atau ada yang masih memiliki orang tua tapi tidak mampu membiayai kehidupan mereka sehari-dari. karena itu mereka terpaksa hidup di jalanan demi membiayai hidup keluarganya. harapan saya dengan adanya kegiatan ini semakin banyak orang yang lebih sedikit memperhatikan anak jalanan dan tidak memandang remeh mereka, walau bagaimana pun mereka adalah masa depan bangsa, di tangan mereka akan tercipta masa depan yang cerah untuk indonesia. maka dari itu bagi pemerintah, diharapkan lebih memperhatikan kehidupan anak jalanan. mereka juga berhak atas apa yang dimiliki oleh anak-anak lain seusia mereka. mereka layak mendapatkan pendidikan yang bermutu, mereka juga layak mendapatkan rumah untuk hidup keluarga mereka, dan mereka juga layak menjadi kebanggaan indonesia jika kita sedikit peduli terhadap mereka.

  • Agung Syah Priyono wrote on 14 July, 2010, 18:14

    Agung Syah PGSD 2H (UNPAK)

    Assalamualaikum wr.wb

    menurut saya pernik sangat bagus, karena mw menampung anak jalan (anjal) yang dimana orang memandangnya sebelah mata karena pakaian dan pola hidup mereka.
    dengan adanya kegiatan belajar bareng anak jalan bisa belajar dan menambah ilmu agar bisa menjadi bekal untuk mereka kelak.

    Wassalamualaikum wr.wb

    kamu bisa

  • Fina Femayati wrote on 15 July, 2010, 12:36

    assalammualaikum wr.wb
    Saya Fina Femayati dari PGSD D/II
    Komentar saya tentang sekolah anak jalanan ini adalah kegiatan yang sangat positif dan baik sekali, karena dapat membantu mereka dalam mendapatkan ilmu pengetahuan walau bukan di sekolah yang formal. anak jalanan juga membutuhkan ilmu pengetahuan agar mereka mempunyai bekal untuk menjalani kehidupan kedepannya. saya salut terhadap guru-guru atau pengajar yang sudah mau meluangkan waktunya untuk mengajarkan anak-anak jalanan tersebut. saya harap dengan adanya belajar bersama anak jalanan ini dapat merubah pemikiran masyarakat yang selama ini negatif. semoga belajar bersama anak jalanan ini bisa terus ada sampai seterusnya. semoga juga anak jalanan bisa di terima di masyarakat dan bisa meraih cita-cita yang mereka inginkan. amien ….

  • Pika Yulinasari PGSD D semester II wrote on 15 July, 2010, 17:42

    assalmuaalaikum wr.wb
    menurut saya pernik sangat membantu anak-anak jalan yang sering kali kita lihat tidak banyak orang yang mau peduli dengan mereka. dengan adanya pernik anak-anak jalan bisa belajar bersama-sama, anak jalan tersebut dapat mempelajari seni dan menuangkan bakat yang mereka punya di pernik. maju terus pernik untuk membantu anak-anak jalan…

  • anna rahmawati (037109054 )2D PGSD wrote on 19 July, 2010, 16:29

    Saya sangat setuju sekali dengan diadakanya program PERNIK untuk memberikan pendidikan dan pembelajaran terhadap anak-anak jalanan, karena anak-anak jalanan berhak mendapatkan pendidikan yang layak seperti anak- anak lainya. dengan pendidikan yang ada dalam kegiatan pernik ini anak -anak jalanan dapat menambah pengetahuanya dan wawasanya terhadap pelajaran, kesenian dan mungkin tentang moral, saya sangat mensuport kegiatan yang positif ini..karena kegiatan ini sangat membantu perkembangan anak-anak jalanan yang membutukan keterampilan dalam kehidupannya,semoga harapan dan cita-cita anak-anak jalanan ini dapat mereka wujudkan..aminnnnnnnnn…

  • herdeaty subuh aini PGSD II D wrote on 20 July, 2010, 14:44

    assalmuaalaikum wr.wb
    saya sangat setuju dan mendukung kegiatan pernik ini. dengan diadakannya kegiatan ini, sedikit membantu para anjal untuk mendapatkan ilmu.. anak jalanan merupakan sesosok manusia yang patut di perdayakan apalagi terhadap pendidikan karena mereka juga merupakan penerus bangsa, yang bisa lebih luar biasa. anak jalanan dengan membentuk komunitas yang lebih besar dan membuka cabang-cabang baru agar dapat memaksimalkan potensi-potensi yang dimiliki anak jalanan, karena tidak sedikit dari mereka yang memiliki bakat yang “ajaib”.

  • hardiansyah maulana azis (PGSD II / D) UNPAK wrote on 20 July, 2010, 14:49

    Asalamuaalaikum wr,wb..
    jaman sekarang ini sudah sangat jarang yang peduli anak jalanan, pemerintah pun tidak peduli keberadaan anjal, sebagai pemerintahan seharusnya ikut mendukung komunitas” seperti persada etnika ini .meskipun mereka anak jalanan, mereka berhak untuk mendapatkan pendidikan. dengan kegiatan pernik ini, dapat membantu anak-anak yang tidakl bisa membaca, menulis, dan berhitung menjadi bisa.dan kita juga harus memahami masing- masing karakteristik dan psikologis anak tersebut supaya saat pembelajaran tidak menjadi membosankan

  • erni ernawati pgsd ll D wrote on 20 July, 2010, 15:18

    Assalamualaikum wr,wb..

    kebesaranmu sungguh luar biasa dan saya sangat kagum sekali,dijaman sekarang masih ada yang peduli menyayangi anak jalanan..
    mereka susah payah mencari uang untuk kebutuhan mereka sendiri,sampai ngamen mereka lakukan untuk bertahan hidup,
    mereka pantas merasakan kebahagiaan mereka butuh perhatian dari kita dan pemerintah khususnya.mereka adalah orang-orang yang berbakat galilah potensi kalian agar menjadi musisi yang propesional..
    semoga mereka menjadi lebih baik lagi …

  • Siti Rosyidah (PGSD D/ II) UNPAK wrote on 28 July, 2010, 14:04

    Assalamualaikum. Wr.Wb

    saya sangat setuju lahir dan batin atas kegiatan PERNIK ini, karena pada zaman glonalisasi ini tak hanya anak-anak yang mampu saja yang mendapatkan ilmu pengetahuan anak -anak jalanan pun kudu mesti wajib mendapatkan pendidikan,agar mereka membekali sebuah ilmu yang dapat bermanfaat dimasa depannya,menjadi orang yang kaya akan ilmu baik formal maupun nonformal.dan menjadi anak-anak yang berpendidikan pada saat ia bekerja di jalannya dengan demikian pandangan masyarakat yang negatif terhadapnya hilang dengan sendirinya.

    sukses buat kegiatan ini…

    LANJUTKAN !!

Tulis Komentar

Copyright © 2014 Persada Etnika Bogor. All rights reserved.