Kumpulan Naskah Teater

Salah satu ciri teater modern adalah digunakannya naskah yang merupakan bentuk tertulis dari cerita drama yang baru akan menjadi karya teater setelah divisualisasikan kedalam pementasan. Naskah teater pada dasarnya adalah karya sastra dengan media bahasa kata. Mementaskan drama berdasarkan naskah drama berarti memindahkan karya seni dari media bahasa kata ke media bahasa pentas. Dalam visualisasi tersebut karya sastra kemudian berubah esensinya menjadi karya teater. Pada saat transformasi inilah karya sastra bersinggungan dengan komponen-komponen teater, yaitu sutradara, pemain, dan tata artistik.

Naskah lakon sebagaimana karya sastra lain, pada dasarnya mempunyai struktur yang jelas, yaitu tema, plot, setting, dan tokoh. Akan tetapi, naskah lakon yang khusus dipersiapkan untuk dipentaskan mempunyai struktur lain yang spesifik. Struktur ini pertama kali di rumuskan oleh Aristoteles yang membagi menjadi lima bagian besar, yaitu eksposisi (pemaparan), komplikasi, klimaks, anti klimaks atau resolusi, dan konklusi (catastrope). Kelima bagian tersebut pada perkembangan kemudian tidak diterapkan secara kaku, tetapi lebih bersifat fungsionalistik.

Download naskah-naskah teater:

Adila adaptasi Basok Pajajareng
Aeng
Alibi
Atas Nama Ibu Ajenk
Badai Sepanjang Malam
Balada Sahdi Sahdia
Bara
Becik Nitik Ala Pilara
Berdiri di atas Badai
Bunga Rumah Makan
C i t r a
Cinta is not a Game
Drama Sunda
Dukun Palsu
End Game - Samuel Beckett
Hariring Kingkin
Kartini Berdarah
Kebo Nyusu Gudel
Kereta Kencana
Kiblat Tanah Negeri Gondhol Sumargiyono
Kisah Cinta Anton Chekov
Kisah Cinta Hari Rabu
Koor Versi Gua
Kotak Surat Terakhir
Lakbok Aoh K Hadimaja Lakon Wek-wek Lakon Arwah-arwah
Lakonbius Lakon Dunia Seolah-olah Lakon Jaka Tarub
Lakon Jeng Menul Lakon Joko Semprul Lakon Julius Caesar
Lakon Karam Lakon Ketika Iblis Menikahi Perempuan Lakon Kopral Woyzeck
Lakon Lakbok Lakon Lawan Catur Lakon Malaikat Tersesat
Lakon Nyonya-nyonya Lakon Orang Malam Lakon Orang-orang Biadab
Lakon Ozone Orkes Madunvi Lakon Pelacur dan Presiden Lakon Petruk Jadi Presiden
Lakon Senja Dua Kelelawar Lakon Sobrat Lakon Syekh Siti Jenar
Lakon Tanda Silang Lakon Wanita yang diselamatkan Lena Tak Pulang
Malam Terakhir Mangir Masbret E Ionesco
Matinya Toekang Kritik-1 Melawan Kutukan Monolog Topeng
Monolog Demokrasi Monolog Hati yang Meracau Monolog Koruptor yang Budiman
Monolog Kucing Hitam Monolog Kupu-kupu Tidur Monolog Markendos
Monolog Pohon Tanpa Akar Monolog Sarimin Munjung
Naskah Monolog Trik Nu Nagih Hutang Nyanyian Angsa
Pada Suatu Hari Arifin C Noer Pagi Bening Serafin dan Joaquin Pakaian Kepalsuan Averchenco
Panggil Aku Azisa Para Jahanam Zulfikri Sasma Patung Kekasih
Petang di Taman Iwan Simatupang Pinangan sahabat-terbaik
Samuel Beckett Bencana Samuel Beckett Kursi Goyang Samuel Beckett Malam dan Mimpi-mimpinya
Samuel Beckett Napas Samuel Beckett Sketsa Teater Sang Mandor
Sebelum Sarapan Sementara Menunggu Godot Sidang Susila
Tak Ada Bintang di Dadanya Taplak Meja The Light of Ken Dedes
Wafatnya Rasulullah Arifin C Noer Wewe Gombelmonologkoruptorygbudiman

 

About the Author

has written 44 stories on this site.

36 comments on “Kumpulan Naskah Teater”

  • AJI AGUNG SAPTIADI wrote on 17 February, 2011, 15:11

    siiiiiiiiiiiiiiplah….!

  • windhi wrote on 23 May, 2011, 14:51

    ada naskah ” SEMAR GUGAT ” dan “DALANG DAN WAYANG”…makasih..

  • dudi wrote on 27 June, 2011, 17:01

    Mohon maaf untuk naskah ” SEMAR GUGAT ” dan “DALANG DAN WAYANG” belm tersedia.

  • eggi arrizuan wrote on 14 August, 2011, 10:59

    teater semakin di depan
    ayo indonesia  majukan  bangsa kita

  • eggi arrizuan wrote on 14 August, 2011, 11:00

    teater semakin di depan

  • erniwaty simatupang wrote on 21 September, 2011, 22:14

    tamba mantap lah teater is the best

  • lely wrote on 15 October, 2011, 20:57

    teater yg harus no>1

  • aang wrote on 8 November, 2011, 21:05

    saya sedang mencari naskah “Siapa Yang TAkut pada Virginia Wolf” karya Edwar Albee. Apakah bisa diupload disini ? Makasih.

  • dudi wrote on 20 November, 2011, 0:12

    Untuk naskah tersebut mohon maaf belum tersedia.

  • yadha wrote on 30 November, 2011, 18:43

    ada naskah sosial ngga?

  • dudi wrote on 5 December, 2011, 1:39

    Untuk naskah sosial yang dimaksud seperti apa? naskah-naskah yang tersedia di situs ini kebanyakan juga menawarkan wacana-wacana sosial.

  • aenoel moechles wrote on 12 December, 2011, 13:57

    majulah negeriku….

  • ariyanti wrote on 16 January, 2012, 18:07

    teater adalah sebuah seni yang paling unik dan penampilannya di setiap acara paling menegangkan karena paling di tunggu-tunggu
    melalui teater sebuah pesan tersirat dapat tersampaikan dan melalui teater kita dapat menunjukan karakter,expresi,dan berbagi pengalaman
    di belakang layar teater memiliki cerita tersendiri
    :-)

  • Ali Nurdin wrote on 1 February, 2012, 13:54

    Bang punya naskah Perampok terjemahan WS Rendra ga?
    Makasi banyak sebelumnya

  • Angkasa wrote on 21 February, 2012, 23:23

    This web so great. Btw, aku mau tanya, kalo naskah seperti Mr. Bean itu apa ya namanya? Yang naskahnya minim dialog dan banyak mimik. Dan, Persada-Etnika.com punya naskah seperti itu gak ya? Coz I’m so interest to learn about it. Thanks a lot, best regards.

  • salva wrote on 24 February, 2012, 17:48

    teater tuh the best pokoknya jiwa seni banget semua ada di teater

  • mega tri yudanti wrote on 29 February, 2012, 9:22

    ada yang bertema pendidikan ga?

  • dudi wrote on 5 March, 2012, 13:56

    maaf naskah yg dimaksud belm tersedia

  • antojie wrote on 13 March, 2012, 18:52

    gimn cranya upload naskah teater “sahabat terbaik” soalnya pentiiiiiiiiing buanget saudara

  • faisminiq wrote on 18 March, 2012, 17:37

    aku pengen naskah yang mantap deh ceritanya

  • faisminiq wrote on 18 March, 2012, 17:38

    ada ga naskah yang cerytanya twentang 3 orang sahabat

  • dudi wrote on 21 March, 2012, 12:28

    @faiminiq: coba dengan naskah sahabat terbaik

  • dudi wrote on 21 March, 2012, 12:29

    @antojie: tinggal klik link atau judul naskah yang bersangkutan

  • Fafeian wrote on 24 March, 2012, 15:15

    hmp ,
    akku lgg nyri naskah teater yang jdulnya “Cinta dan Persahabatan” ,
    adda gk ? :)

  • faz wrote on 12 April, 2012, 6:06

    makasih ya atas naskah nya mungkin di berbanyak lebih baik

  • abdullah mahfudz wrote on 13 April, 2012, 14:52

    saya mencari naskah teater tentang “Kehidupan Santri”. ada nggak ?

  • rama wrote on 28 April, 2012, 13:43

    ada naskah mentang-mentang dari newyork ndak..?? thank’s

  • M nurman Syah wrote on 29 April, 2012, 11:08

    saya mencari naskah teater tentang “kisah kehidupan anak jalanan” ada nggak???

  • ade ilham wrote on 7 May, 2012, 2:34

    kak ada drama yg tokohnya 5 orang ???

    makasih !!!!

  • Risa Anggraeni wrote on 22 May, 2012, 20:14

    Saya menyukai teater karna banyak crta tntg di dunia.

  • anti wrote on 5 June, 2012, 18:19

    saya mau nanya apa “Calon Arang” karya Pramoedya Ananta Toer belum ada ya naskahnya..??
    atau masih novel..??

  • Tony Steve wrote on 30 June, 2012, 4:44

    mantaps bgt ni. saya mau cari naskah “SIDANG PARA SETAN” dan “DEMIT”. apakah ada? Trimakasih sebelumnya

  • dudi wrote on 2 July, 2012, 19:46

    maaf naskah yang dimaksud belum tersedia

  • dudi wrote on 2 July, 2012, 19:51

    naskah teater tersebut blm tersedia

  • yanieh beat wrote on 10 September, 2012, 18:34

    huffffffffff pusig naskah yag mna eow eg bgussss/???????????

  • edy subianto wrote on 22 October, 2012, 22:58

    boleh tolong dong, apa judul dan pengarang asli naskah “kebenaran yang membunuh” makasih

Tulis Komentar

Copyright © 2014 Persada Etnika Bogor. All rights reserved.